Negara-negara tetangga




KEADAAN  ALAM  DAN
KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA

            Negara-negara tetangga yang akan kita bahas di sini adalah negara tetangga yang berdekatan dengan wilayah Indonesia.  Adapun negara yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Brunei Darussalam.  Berikut ini akan kita bahas satu per satu negara-negara tersebut.
1.    Singapura
Singapura terletak pada 103035’ BT-1040 BT dan 1010’ LU-1030’ LU. Singapura merupakan salah satu negara kepulauan. Pulau terbesarnya adalah Pulau Singapura, luasnya tidak lebih luas dari Kota Jakarta.  Luas wilayah Negara Singapura adalah 660 km2.
Singapura merupakan negara industri termaju di kawasan Asia Tenggara. Letaknya yang strategis,  menjadikan Singapura merupakan jalur singgah kapal laut tujuan negara-negara Asia Tenggara, Asia Timur, dan Australia, serta berbagai kawasan di dunia. Kegiatan yang menopang perekonomian Singapura adalah perdagangan, industri, dan pariwisata. Singapura memiliki tiga musim, yaitu musim hujan yang sejuk,  musim kemarau yang panas, dan musim pancaroba.
2.    Malaysia
Malaysia secara astronomis terletak antara 1° LU – 7° LU dan 100° BT – 119° BT. Luas wilayah Malaysia adalah 330.434 km2.  Wilayah negara Malaysia terbagi atas dua bagian daratan, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan.
Malaysia mempunyai iklim tropis dan iklim monsun. Malaysia juga dipengaruhi angin laut dengan suhu rata-rata 25° C. Curah hujannya lebih kurang 2.540 mm sehingga mendukung adanya hutan tropis.
Kenampakan alam yang terdapat di Malaysia antara lain sebagai berikut :
1) Pegunungan
Daerah pegunungan terdapat di bagian tengah Semenanjung Malaysia dan daerah pedalaman Sabah. Pegunungan juga terdapat di Sarawak, ditumbuhi hutan hujan tropis. Di wilayah Semenanjung Malaya terdapat pegunungan dengan puncak tertinggi yaitu Gunung Tahan (2.190 m). Di wilayah timur sebagian besar berupa pegunungan dengan puncak tertinggi Gunung Kinabalu (4.101 m).
2) Dataran rendah
Dataran rendah terdapat di bagian pantai barat dan pantai timur. Dataran rendah juga terdapat di pantai selatan yang terdiri atas tanah alluvial.
Dataran Rendah Kedah terletak di utara, Dataran Rendah Johor di selatan, Dataran Rendah Selangor di bagian tengah, Dataran Rendah Pahang di timur, dan Dataran Rendah Kelantan yang terletak di timur laut.
3) Sungai
Di Malaysia antara lain terdapat Sungai Pahang dan Sungai Perak di Serawak, serta Sungai Vinabatangan di Sabah. Sebagian besar sungai-sungai di Malaysia bermuara ke Selat Malaka dan Laut Cina Selatan.
                        Pada tahun 2007, jumlah penduduk Malaysia 27,2 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk 1,83% per tahun. Sebagian besar penduduknya bertempat tinggal di Jazirah Malaysia bagian barat dan selatan karena dataran rendahnya luas dan kaya akan barang tambang. Penduduk Malaysia terdiri atas bangsa Melayu, Cina, India, dan suku bangsa asli yaitu Semang serta Sakai.  Penduduk suku asli bermata pencaharian berburu, menangkap ikan, dan ladang berpindah. Suku Dayak Kalimantan banyak mendiami wilayah Malaysia Tmur.
3.    Filipina
Filipina merupakan jajahan Spanyol.  Pada tahun 1898, pemerintah Spanyol menyerahkan Filipina kepada  Amerika Serikat. Penyerahan ini dilakukan melalui Perjanjian Paris yang ditandatangani pada tanggal 10 Desember 1898. Filipina merdeka tanggal 4 Juli 1946 dengan ibu kota Manila.
Penduduk Filipina pada tahun 2007 sekitar 88,7 juta jiwa. Suku bangsa yang
mendiami Filipina di antaranya sebagai berikut  :
1)  Bangsa Mestis, yaitu campuran orang Melayu dan bangsa Spanyol.
2) Penduduk asli yaitu Negrito yang terdesak ke pedalaman oleh orang Melayu.
3)  Bangsa Moro, pemeluk agama Islam yang mendiami Pulau Mindanao.
4)  Bangsa Igorat mempunyai kehidupan sederhana dan bertempat tinggal di
lereng-lereng gunung di Pulau Luzon.
Filipina melakukan kegiatan ekspor untuk barang-barang elektronik, kopra, buah-buahan, sayuran, gula, madu, dan semen putih. Adapun impor negeri ini berupa minyak mentah, mesin, gandum, dan sebagainya.
4.    Thailand

Thailand adalah satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Oleh  karena itu, negara ini dijuluki Tanah Merdeka.  Thailand terletak pada 980 BT-1060 BT dan 50 LU-210 LU, dengan luas wilayah sekitar 513.115 km2. Thailand beriklim tropis dengan dua musim, yaitu musim panas (Maret-April) dan musim dingin (Oktober-Februari).  Thailand merupakan lumbung padi di Asia Tenggara karena hasil pertanian terbesar negara Thailand adalah beras. Thailand merupakan negara kerajaan dengan kepala negaranya seorang raja.

5.    Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah negara dengan jumlah  penduduk paling sedikit di Asia Tenggara. Selain itu, Brunei Darussalam merupakan negara paling kaya di kawasan Asia Tenggara. Luas wilayah Brunei mencapai 5.765 km2. Negara ini terletak di Pulau Kalimantan dan berbatasan langsung dengan Malaysia.  Secara astronomis, Brunei Darussalam terletak pada 1140 BT-1150 30 BT dan 40 LU-5015 LU. Brunei Darussalam beriklim tropis. Minyak dan gas bumi  merupakan hasil utama dan sumber devisa terbesar bagi Brunei Darussalam.

Berikut ini merupakan video pembelajaran penulis yang telah di upload ke you tube terkait dengan negara-negara tetangga :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Membuang Perih 2

ANTOLOGI RUANG RINDU